Penyusunan Bahan Ajar Komputerisasi Akuntansi SMK Eben Haezer

Authors

  • Serly Serly Universitas Internasional Batam
  • Christina Sabaria Br. Nadaek Universitas Internasional Batam

Keywords:

Komputerisasi Akuntansi, Modul Pembelajaran, Video Pembelajaran, MYOB, Covid-19

Abstract

Di tengah pandemi COVID-19 yang menyerang keseluruhan aspek kehidupan dan mempengaruhi keseluruhan aktivitas masyarakat salah satunya aspek pendidikan. Mulanya aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran secara daring sejak pandemi COVID-19. Perubahan metode pendidikan ini menuntut lembaga pendidikan diberbagai level untuk mampu menyediakan dan menyampaikan materi pembelajaran secara daring sebaik bagaimana pemberian materi secara tatap muka di kelas.

Perubahan sistem pembelajaran secara daring merupakan salah satu tantangan yang dialami oleh sekolah, guru, dan siswa di salah satu sekolah di Kota Batam yakni sekolah SMK Eben Haezer. Seluruh proses belajar mengajar dilakukan dengan daring namun tidak diimbangi dengan materi pembelajaran secara daring dan pelatihan yang cukup kepada para pendidik. Hal ini menyebabkan pihak sekolah cukup kewalahan dan menilai sistem pembelajaran daring kurang efektif dalam menerapkan proses belajar mengajar dengan jarak jauh.

Untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran materi pelajaran komputerisasi akuntansi SMK Eben Haezer, penulis melaksanakan kegiatan penyusunan bahan ajar digital yang berisi materi komputerisasi akuntansi. Metode pelaksanaan dimulai dengan cara mewawancarai guru mata pelajaran terkait untuk memperoleh informasi dalam perancangan luaran. Adanya bahan ajar yang telah dibuat, diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam menerapkan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Luaran yang dihasilkan adalah sebuah bahan ajar berupa sebuah modul dan video pembelajaran komputerisasi akuntansi dengan menggunakan aplikasi MYOB untuk dapat digunakan guru serta siswa dalam melakukan proses belajar mengajar.

Rekomendasi untuk PkM selanjutnya terkait penyusunan luaran adalah penulis menyarankan untuk lebih memperluas kembali materi yang telah disusun, dan memperbanyak bahan yang akan dibahas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04