Penyusunan Sistem Pengendalian Internal Dan Pencatatan Akuntansi Pada Salon Fas

Authors

  • Hendi Hendi Universitas Internasional Batam
  • Risca Sherla Pebriana Universitas Internasional Batam

Keywords:

Kerja Praktik, Sistem Pencatatan, Laporan Keuangan

Abstract

Tujuan terlaksana kerja praktik ini yaitu untuk merancang sebuah sistem berbasis web yang diharapkan bisa membantu pemilik usaha Salon Fas dalam menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat dan efisien. Metode pencatatan akuntansi Usaha Salon Fas yang diterapkan sekarang masih manual sehingga pemilik usaha Salon Fas tidak bisa mengetahui secara tepat dan akurat penghasilan yang dihasilkan dari usaha tersebut.

Waktu pelaksanaan untuk kerja praktik ini berlangsung selama 5 bulan yakni dari periode September2020 sampai dengan Januari 2021. Data yang dikumpulkan bersifat data primer dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang akurat. Data tersebut dikumpulkan untuk membantu kegiatan perancangan sistem pencatatan akuntansi.

Luaran dari kegiatan kerja praktik ini berupa sistem pencatatan akuntansi berbasis website. Sistem yang dirancang terdapat form pembelian, penjualan, pengeluaran kas, penerimaan kas, serta laporan seperti laporan pembelian, laporan penjualan, laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan. Sistem yang telah dirancang dan diimplementasikan pada Salon Fas dapat membantu pemilik usaha dalam melakukan pencatatan transaksi akuntansi dan menghasilkan laporan yang akurat sebagai patokan dalam pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04