Pemahaman Dan Minat Guru Dalam Merancang Lkpd Berintegrasi Inkuiri Bebas Dimodifikasi

Authors

  • Mimin Mardhiah Zural STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Nurhadi Nurhadi STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Ismed Wahidi STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Ririn Oktavia Ningsih STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Yulia Novita Sari STKIP PGRI Sumatera Barat

Keywords:

modified-free inquiry, LKPD, Teacher competence

Abstract

Di sekolah telah banyak guru menggunakan LKS/LKPD, namun bukan rancangan sendiri. Apabila ditelaah, maka didapati LKS/LKPD yang digunakan belum memenuhi komponen LKS/LKPD, dan sebagiannya belum menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik. Sebagai seorang guru yang memiliki kompetensi profesional, seharusnya guru sudah mempunyai kemampuan merancang LKPD sendiri dan yang memenuhi kriteria LKPD yang benar. Namun kendala yang temui adalah guru kurang berminat untuk merancang LKPD sendiri karena belum sepenuhnya mengetahui pendekatan saintifik yang dianggap efektif digunakan. Pengabdian kepada Masyarakat mengenai “Mengembangkan Keterampilan Guru untuk Merancang LKPD IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Bebas yang Dimodifikasi Sebagai Alternatif Bahan Ajar yang Sesuai dengan Kurikulum 2013†ini ini mewujudkan kemampuan design phase dari 4D models yang harus dimiliki guru dan menumbuhkan minat guru untuk merancang LKPD. Untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan minat guru untuk merancang LKPD berbasis inkuiri bebas modifikasi, digunakan kuesioner yang berisi pertanyaan dengan Skala Likert yang kemudian direkapitulasi dan diolah dengan menggunakan rumus persentase dan dianalisis secara deskripstif. Dari hasil PKM, maka didapati 84.8% guru sangat memahami, dan 79% guru berminat untuk merancang LKPD berbasis berbasis inkuiri bebas modifikasi. Diharapkan dengan mengetahui, memahami dan tumbuhnya minat untuk merancang LKPD sendiri, dapat meningkatkan kompetensi guru untuk merancang buku ajar sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-26