Penyusunan Bahan Ajar Digital Pada SMK Batam Business School

Authors

  • Kennardi Tanujaya Universitas Internasional Batam
  • Fendrawati Susiana Universitas Internasional Batam

Keywords:

Bahan Ajar Digital, Administrasi Perpajakan

Abstract

SMK Batam Business School merupakan SMK berakreditasi A yang berlokasi Kota Batam. Dengan terjadinya pandemi COVID-19 seluruh Sekolah di Indonesia dituntut untuk melakukan proses belajar mengajar berbasis online dengan tujuan mencegah penyebaran COVID-19. Hambatan yang dialami SMK Batam Business School adalah ketidaksediaan bahan ajar digital untuk beberapa mata pelajaran, salah satunya adalah administrasi perpajakan.

Kegiatan ini menggunakan data primer, yang diperoleh secara langsung dari sumbernya yaitu teknik wawancara dan kepustakaan. Teknik wawancara dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar kompetensi dasar dan materi. Kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari pihak Sekolah yaitu para guru dapat menghemat waktu dalam kegiatan belajar mengajar dengan bahan ajar digital beserta latihan soal dan kunci jawaban lengkap yang telah disediakan.

Materi yang disediakan telah sesuai dengan kompetensi dasar, sehingga dapat diimplementasikan oleh pihak Sekolah langsung tanpa harus memodifikasi ulang. Meskipun telah mendapatkan tanggapan yang positif mengenai kegiatan ini, terdapat rekomendasi untuk kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya yaitu dengan menambahkan materi tambahan mengenai perubahan peraturan baru seputar perpajakan untuk menambah wawasan para siswa- siswi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-09