Pendampingan Standar Operating Prosedur Dalam Pembuatan Hak Tanggungan Elektronik Di Kantor Notaris Dan Ppat Reinward, S.H

Authors

  • Christine Christine Universitas Internasional Batam
  • Florianus Yudhi Priyo Amboro Universitas Internasional Batam

Keywords:

HT-el (Hak Tanggungan Elektronik), Kantor Pertanahan

Abstract

Kerja Praktek yang dilakukan ini bertujuan untuk menginformasikan proses- proses yang dilakukan Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam membuat suatu proses Hak Tanggungan. Sekarang Hak Tanggungan sudah diubah menjadi sistem Elektronik, layanan HT-el ini berdasarkan Peraturan Menteri ATR/ Kepala BPN Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pelayanan Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik. Berikut merupakan layanan yang dapat dilayani secara elektronik adalah Hak Tanggungan pendaftaran, peralihan, penghapusan, perubahan nama, serta perbaikan data), Zona Nilai Tanah (ZNT), pengecekan sertipikat tanah serta Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT). Dengan berlakunya sistem ini dapat mengurangi antrean yang ada di loket kanor pertanahan, mengurangi penyimpanan warkah yang sudah banyak menumpuk di kantor pertanahan, serta dapat memberikan kepastian hukum dan juga biaya.
HT-el ini salah satu bentuk layanan yang ada di Kantor Pertanahan di Era New Normal, membatasi interaksi melalui physical distancing dan ini merupakan satu perwujudan dari nilai-nilai Kementerian ATR/BPN, yaitu Melayani, Profesional dan Terpercaya. Hasil dari Kerja Praktek ini menunjukkan bahwa Tahap- tahap apa saja yang dilakukan dalam proses pembuatan HT- el dan apa saja kendala yang dialami dalam langkah- langkah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-08