Penerapan Sistem Pemasaran Digital Pada Objek Wisata Budaya Di Kota Batam
Keywords:
atraksi budaya, pemasaran digital, sosial media, websiteAbstract
Penerapan sistem pemasaran pada objek wisata budaya ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan informasi kepada wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara mengenai objek wisata budaya dan religi yang ada di Kota Batam serta untuk membantu pengelola objek wisata dalam mempromosikan objek wisata. Hal ini dikarenakan saat ini masih sedikit informasi mengenai objek wisata budaya di Kota Batam. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara untuk pengumpulan data dengan jangka waktu tiga bulan dari bulan September – Desember 2019. Yang menjadi objek pada kegiatan ini adalah pengelola objek wisata, mereka di wawancara untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah dan gambaran umum objek wisata. Kegiatan ini menghasilkan sistem pemasaran digital berupa website, instagram, dan juga video profil objek wisata budaya Kota Batam. Video profil objek wisata budaya Kota Batam yang tersedia dalam tiga bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin yang bertujuan untuk menjangkau wisatawan mancanegara.