Pengaruh Kompensasi, Pelatihan dan Pengembangan, Pemberdayaan Karyawan Terhadap Turnover Intention dan Kepuasan kerja Sebagai Mediasi di Hotel Berbintang Kota Batam

  • Muhammad Donal Mon Universitas Internasional Batam
  • Stephanie Mulyadi Universitas Internasional Batam

Abstract

Turnover Intention yang mengalami kenaikan merupakan masalah yang patut diperhatikan karena berpengaruh terhadap situasi sebuah perusahaan. Maka penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak dari Kompensasi, Pelatihan dan pengembangan, Pemberdayaan karyawan terhadap Turnover Intention dengan Kepuasan kerja sebagai mediasi. Objek penelitian tertuju pada 274 karyawan hotel berbintang di Kota Batam dan data primer diperoleh dari kuesioner melalui google form dan menggunakan PLS-SEM untuk menguji hasil dan memeriksa hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa Pelatihan dan pengembangan beserta Pemberdayaan karyawan berpengaruh signifikan positif terhadap Turnover intention dengan Kepuasan karir sebagai mediasi. Penulis menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat menambah variabel lain untuk hasil yang maksimal.

Published
Apr 28, 2021
How to Cite
MON, Muhammad Donal; MULYADI, Stephanie. Pengaruh Kompensasi, Pelatihan dan Pengembangan, Pemberdayaan Karyawan Terhadap Turnover Intention dan Kepuasan kerja Sebagai Mediasi di Hotel Berbintang Kota Batam. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 2165-2177, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4752>. Date accessed: 30 july 2021.