Analısıs Pengaruh Attıtude Toward Halal Food Sebagaı Varıabel Medıası Terhadap Penerımaan Makanan Halal Instan Jepang di Kota Batam

Authors

  • Agustina Fitrianingrum Universitas Internasional Batam
  • Fadilla Dwi Aruny Universitas Internasional Batam

Keywords:

Attitude Toward Halal Food, Halal Knowledge, Price, Purchase Intention, Japanese Instant Food

Abstract

Makanan instan Jepang telah berkembang pesat di Batam dan memiliki potensi untuk menjadi sumber ekonomi kota. Akan tetapi, mayoritas kota Batam adalah Muslim sehingga memerlukan wawasan, dan pendekatan mendalam terhadap perilaku makanan halal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa faktor yang mempengaruhi makanan halal terhadap penerimaan makanan instan Jepang di Kota Batam. Variabel Halal Knowledge, Acculturation, Green Brand Knowledge, Price melalui Attitude Toward Halal Food terhadap Japanese Instant Food Acceptance. Responden sebanyak 272 muslim yang menjawab pernah mengonsumsi makanan instan Jepang di Kota Batam. Teknik yang dilakukan adalah menyebarkan kuesioner online dan diuji menggunakan Partial Least System (PLS). Hasil menunjukkan variabel Halal Knowledge, Price, Attitude Toward Halal Food terhadap Japanese Instant Food Acceptance berpengaruh signifikan. Tetapi, variabel Green Brand Knowledge, Acculturation lebih lemah pengaruhnya. Oleh karena itu, disarankan penelitian memberikan pendekatan yang baik terhadap Halal Knowledge, Price, pada Attitude Toward Halal Food makanan instan Jepang di Kota Batam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-28