Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Investasi Saham pada Investor Generasi Milenial di Kota Batam yang dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi

  • Isnaini Nuzula Agustin Universitas Internasional Batam
  • Fiona Lysion Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham pada investor generasi milenial di kota Batam yang dimoderasi oleh Locus of Control. Responden dalam penelitian tersebut sebanyak 261 investor generasi milenial yang disebar melalui kuesioner online dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu convenience sampling dan data diolah dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Herding, Financial Literacy, Price Anchoring dan Availability Bias berpengaruh signifikan positif terhadap Investment Decision Making. Representative Bias berpengaruh signifikan negatif terhadap Investment Decision Making. Sedangkan Overconfidence dan Loss Aversion berpengaruh tidak signifikan terhadap ─░nvestment Decision Making. Lebih lanjut, studi ini menunjukkan bahwa Locus of Control tidak terbukti memoderasi hubungan antara Representative Bias dan Availability Bias terhadap Investment Decision Making. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi investor, perusahaan dan pembuat kebijakan dalam pengambilan keputusan terkait investasi saham.

Published
Apr 28, 2021
How to Cite
AGUSTIN, Isnaini Nuzula; LYSION, Fiona. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Investasi Saham pada Investor Generasi Milenial di Kota Batam yang dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 2081-2098, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4746>. Date accessed: 30 july 2021.