Analısa Pengaruh Penggunaan E-Commerce Pada UMKM di Kota Batam

  • Mar’ie Wijaya Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini diterapkan dalam tujuan menganalisa sektor ekonomi pada kota Batam dengan E – Commerce merupakan bidang sangat cocok menerjuni, ketertarikan konsumen dalam negeri terlihat dalam kegemarannya belanja melalui market place Dengan  masuknya UMKM pada E – Commerce akan meningkatkan pertumbuhan stabilitas ekonomi selain itu juga dapat memperluas akses pasar kepada konsumen.


          Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi UMKM pada kota Batam dalam menjalankan usaha melalui market place. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data dengan mengumpulkan data bertujuan mencari profit jumlah data pada gambar demografik responden atau penarikan kesimpulan.


          Hasil dari penelitian ini menunjukkan UMKM menjalankan usaha melalui media online mampu diterima oleh masyarakat UMKM bisa melakukan inovasi mengenai penjualan melalui offline to online untuk sistem pemasaran dan meningkatkan penyebarluasan serta penjualan produk yang luas tidak hanya mencakup pada satu titik.Kata Kunci: Inflasi, Suku Bunga, Jumlah Uang Beredar, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio, Price Earning Ratio, Harga Saham

Published
Apr 28, 2021
How to Cite
WIJAYA, Mar’ie. Analısa Pengaruh Penggunaan E-Commerce Pada UMKM di Kota Batam. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1988-1993, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4739>. Date accessed: 03 aug. 2021.