Analisis Pengaruh Faktor – Faktor Keterlibatan Karyawan terhadap Produktivitas Organisasi pada ritel Alfamart dan Indomaret kota Batam

  • Rohana Nainggolan Universitas Internasional Batam
  • Antony S Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, lingkungan kerja, gaya kepemimpinan dan komitmen kerja sebagai faktor – faktor keterlibatan karyawan terhadap produktivitas organisasi pada ritel Alfamart dan Indomaret kota Batam.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, kuisioner dibagikan kepada responden guna mendapatkan data primer. Populasi dalam penelitian ini karyawan terhadap produktivitas organisasi pada ritel Alfamart dan Indomaret kota Batam. Kuisioner yang dibagikan sebanyak 100 kuisioner, Kembali sebanyak 100 kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dan untuk mengetahui pengaruh mediasi akan menggunakan aplikasi SMART PLS.3


Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R Square pada variabel dependen Produktivitas Organisasi adalah 0,658 (65,8%) yang berarti variabel independen Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Kerja, dan Lingkungan Kerja yang dimediasi oleh Keterlibatan Karyawan mampu menerangkan variabel dependen sebesar 65,80%, kemudian untuk 34,2% lainnya diterangkan dengan adanya faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Published
Apr 28, 2021
How to Cite
NAINGGOLAN, Rohana; S, Antony. Analisis Pengaruh Faktor – Faktor Keterlibatan Karyawan terhadap Produktivitas Organisasi pada ritel Alfamart dan Indomaret kota Batam. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1971-1978, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4737>. Date accessed: 30 july 2021.