Analisis Pengaruh Attachment Terhadap Employee Engagement Dengan Psychologıcal Availability Dan Psychological Safety Sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • Evi Silvana Muchsinati Universitas Internasional Batam
  • Evander William Universitas Internasional Batam

Keywords:

Attachment-anxiety, attachment-avoidance, employee engagement, psychological availability, psychological safety

Abstract

Sektor kawasan industri khususnya pada pergudangan berpotensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi sektor lainnya terutama pada wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) yang memiliki populasi urban terbanyak di dunia. Tentu saja pengelolaan sumberdaya manusia sangat berperan penting dalam kegiatan di sektor ini untuk mendukung pertumbuhannya lebih maju lagi.

Penelitian ini bertujuan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi employee engagement karyawan di Kawasan Pergudangan Sigma Kartika, Kecamatan Gunung Sindur, Bogor. Kuesioner disebarkan kepada 250 karyawan dari enam perusahaan yang bekerja disana dengan metode olah data menggunakan Smart PLS 3.0.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa attachment-anxiety berpengaruh signifikan positif dengan employee engagement, namun attachment-avoidance tidak berpengaruh signifikan dengan employee engagement. Attachment-anxiety dan attachment-avoidance berpengaruh signifikan positif dengan employee engagement melalui variabel mediasi psychological availability, namun tidak berpengaruh signifikan melalui variabel mediasi psychological safety.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-28