Analisis Pengaruh Persaingan dan Kekuatan Pasar terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Ria Karina Universitas Internasional Batam
  • Siti Mahmudah Universitas Internasional Batam

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persaingan pasar dan kekuatan pasar terhadap manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di BEI. Persaingan pasar adalah persaingan penjualan antara perusahaan untuk mendapatkan laba. Sedangkan, kekuatan pasar adalah ukuran tingkat perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan eksternal. Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah persaingan dan kekuatan pasar sebagai variable independen. Variable kontrol dalam penelitian ini adalah tingkat pertumbuhan, book to market ratio, leverage dan firm size.Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 1.839 data perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 hingga 2019. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan dengan kekuatan pasar yang rendah dan menghadapi persaingan pasar yang ketat lebih cenderung terlibat dalam manejemn laba. Kekuatan pasar menunjukkan hasil yang signifikan daripada persaingan pasar terhadap manajemen laba.

Published
Apr 6, 2021
How to Cite
KARINA, Ria; MAHMUDAH, Siti. Analisis Pengaruh Persaingan dan Kekuatan Pasar terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1629-1638, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4593>. Date accessed: 03 aug. 2021.