Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Keahlian Keuangan dan Koneksi Politik terhadap Penghindaraan Pajak pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI

  • Kennardi Tanujaya Universitas Internasional Batam
  • Herryanto Herryanto Universitas Internasional Batam

Abstract

Pajak merupakan sumber pendapatan terbesar dalam sebuah negara karena dapat menunjang kegiatan perekenomian dalam sebuah negara, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh  yang terjadi pada variabel independen (eksekutif karakter, ukuran perusahaan, kepemilikan institutional, proporsi dewan komisaris, komite audit, kualitas audit, keahlian keuangan dan koneksi politik) terhadap variabel dependen (penghindaraan pajak). Hasil dari penelitian ini adalah variabel ukuran perusahaan dan keahlian keuangan memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap variabel dependen, variabel kualitas audit memiliki pengaruh signifikan positif terhadap variabel dependen sedangkan untuk variabel lainnya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen.

Published
Apr 6, 2021
How to Cite
TANUJAYA, Kennardi; HERRYANTO, Herryanto. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Keahlian Keuangan dan Koneksi Politik terhadap Penghindaraan Pajak pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1619-1628, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4591>. Date accessed: 03 aug. 2021.