Analisis Pengaruh Karakteristik Dewan Perusahaan terhadap Modal Intelektual pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Robby Krisyadi Universitas Internasional Batam
  • Laurence Laurence Universitas Internasional Batam

Abstract

Modal intelektual merupakan sumber daya tidak berwujud yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan melalui penciptaan nilai tambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh ukuran dewan, dewan independen, dewan eksekutif, rapat dewan, dan penghasilan dewan terhadap modal intelektual perusahaan.


Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2015 – 2019. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yaitu laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan.


Hasil penelitian menemukan bahwa ukuran dewan dan dewan eksekutif memiliki pengaruh signifikan terhadap modal intelektual. Adapun dewan independen, rapat dewan, dan penghasilan dewan tidak berpengaruh signifikan terhadap modal intelektual.

Published
Apr 6, 2021
How to Cite
KRISYADI, Robby; LAURENCE, Laurence. Analisis Pengaruh Karakteristik Dewan Perusahaan terhadap Modal Intelektual pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1503-1514, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4584>. Date accessed: 30 july 2021.