Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Mediasi

  • Mardianto Mardianto Universitas Internasional Batam
  • Feeny Feeny Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian pengaruh tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan telah banyak dilakukan namun hasilnya berbeda-beda. Ketidaksamaan hasil yang diperoleh oleh penelitian terdahulu mendorong terciptanya penelitian ini dengan menggunakan manajemen laba sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan terhadap 381 perusahaan non-finansial yang terdaftar di BEI dari tahun 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kualitas audit, kepemilikan institusional, dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan independensi dewan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan melalui manajemen laba.

Published
Apr 6, 2021
How to Cite
MARDIANTO, Mardianto; FEENY, Feeny. Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Mediasi. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1476-1487, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4581>. Date accessed: 30 july 2021.