Analısıs Pengaruh Koneksı Polıtık Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Agresıvıtas Pajak

  • Budi Harsono Universitas Internasional Batam
  • Ramadhinda Putri Gitasari Universitas Internasional Batam

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas pajak di Indonesia. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel koneksi politik, ukuran dewan, independensi dewan, kepemilikan institusional, dan ukuran auditor.


Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan data sekunder pada laporan keuangan dan laporan tahunan dengan teknik pengumpulan data sekunder dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengujian hipotesis pada penelitian ini mengunakan SPSS v21 dan Eviews 10.


Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan, dan ukuran auditor berpengaruh signifikan positif terhadap agresivitas pajak, namun koneksi politik,  independensi dewan, dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh signifikan negatif yang signifikan terhadap agresivitas pajak.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
HARSONO, Budi; GITASARI, Ramadhinda Putri. Analısıs Pengaruh Koneksı Polıtık Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Agresıvıtas Pajak. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1343-1357, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4567>. Date accessed: 30 july 2021.