Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Robby Krisyadi Universitas Internasional Batam
  • Jeslyn Jeslyn Universitas Internasional Batam

Abstract

Abstrak


Kinerja keuangan merupakan kemampuan perusahaan untuk mengelola dan mengendalikan sumber daya yang dimiliki. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pengaruh outside director, board skill, gender diversity, direktur asing, dan ukuran dewan terhadap kinerja keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Objek penelitian ini adalah perusahaan terdaftar di BEI dari tahun 2015 hingga 2019. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini yakni purposive sampling.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa outside director, ukuran dewan, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA. Sementara itu, variabel ukuran dewan, umur perusahaan, dan leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap ROE.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
KRISYADI, Robby; JESLYN, Jeslyn. Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1298-1309, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4559>. Date accessed: 03 aug. 2021.