Analisis Pengaruh GCG, Reputasi KAP, dan Leverage terhadap Akuntansi Konservatisme pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Ivone Ivone Universitas Internasional Batam
  • Fifi Winda Dewi Universitas Internasional Batam

Abstract

Abstrak


Konservatisme merupakan prinsip yang mempengaruhi penilaian dalam akuntansi, karena itu konservatisme sampai saat ini masih tetap memiliki peran penting dalam praktik akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji mengenai pengaruh GCG, reputasi KAP, ukuran perusahaan dan leverage terhadap akuntansi konservatisme. Dengan menggunakan  sampel berjumlah 437 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2019. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh signifikan negatif terhadap akuntansi konservatisme dan reputasi kap berpengaruh signifikan positif terhadap akuntansi konservatisme. Disisi lain, pengujian ini menemukan bahwa variabel komisaris independen, komite audit, ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap akuntansi konservatisme.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
IVONE, Ivone; DEWI, Fifi Winda. Analisis Pengaruh GCG, Reputasi KAP, dan Leverage terhadap Akuntansi Konservatisme pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1267-1276, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4552>. Date accessed: 04 aug. 2021.