Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI

  • Hendi Hendi Universitas Internasional Batam
  • Wina Sri Wulandari Universitas Internasional Batam

Abstract

Abstrak


          Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial terhadap penghindaran pajak. Variabel yang digunakan adalah kompensasi eksekutif, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komite audit kompeten, kualitas audit, dewan komisaris independen, kualitas tanggung jawab sosial dan penghindaran pajak. 165 perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2015-2019 dijadikan sebagai sampel dengan total 825 data. Penelitian ini menggunakan metode regresi panel. Variabel kompensasi eksekutif, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kualitas audit berpengaruh signifikan positif terhadap effective tax rate. Sedangkan variabel lain seperti komite audit, komite audit kompeten, dewan komisaris independen dan kualitas tanggung jawab sosial perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
HENDI, Hendi; WULANDARI, Wina Sri. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1187-1200, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4542>. Date accessed: 03 aug. 2021.