Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Kinerja Keuangan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Mediasi

  • Arina Juwita Universitas Internasional Batam
  • Dwi Febriyanti Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan dengan manajemen laba sebagai variabel mediasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 381 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen tata kelola perusahaan dengan proksi dewan komisaris independen dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan kualitas audit dan CSR berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba. Dewan komisaris independen, kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dan kualitas audit, CSR, dan manajemen laba berpengaruh signifikan positif terhadap ROA. Dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, dan manajemen laba tidak berpengaruh signifikan terhadap EPS. Dan dewan komisaris independen, CSR, dan manajemen laba tidak berpengaruh signifikan terhadap tobin’s Q, sedangkan kepemilikan institusional dan kualitas audit berpengaruh signifikan positif terhadap tobin’s Q. Pengaruh tidak langsung variabel GCG dan CSR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan melalui manajemen laba.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
JUWITA, Arina; FEBRIYANTI, Dwi. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Kinerja Keuangan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Mediasi. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1094-1113, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4541>. Date accessed: 30 july 2021.