Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI

  • Hendi Hendi Universitas Internasional Batam
  • Dewi Angelina Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata kelola perusahaan dan karakteristik perusahaan terhadap penghindaran pajak. Variabel tata kelola perusahaan yang digunakan adalah ukuran dewan, ukuran dewan independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional serta variabel karakteristik perusahaan adalah ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan intensitas modal. Pengambilan sampel sesuai dengan purposive sampling terdapat 192 perusahaan yang terdaftar di BEI dengan menggunakan metode kuantitatif untuk menguji data sekunder perusahaan terdaftar. Hasil penelitian kepemilikan manajerial, leverage, profitabilitas dan intensitas modal memiliki pengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan dan karakteristik perusahaan dapat memengaruhi peningkatan maupun penurunan penghindaran pajak.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
HENDI, Hendi; ANGELINA, Dewi. Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1079-1093, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4539>. Date accessed: 03 aug. 2021.