Analisis Pengaruh Faktor Karakteristik Audit, Karakteristik Perusahaan, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pergantian Auditor Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

  • Supriyanto Supriyanto Universitas Internasional Batam
  • Melinda Laisya Susanto Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perubahan manajemen, reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP), kesulitan keuangan, opini audit, kepemilikan institutional, dan profitabilitas terhadap pergantian auditor. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2019. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling sehingga menghasilkan 475 perusahaan yang dijadikan sample selama 5 tahun observasi. Regresi logistik menjadi metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi KAP dan profitabilitas berpengaruh pada pergantian auditor. Opini audit, kesulitan keuangan, kepemilikan institutional dan perubahan manajemen tidak berpengaruh terhadap perganitan manajemen.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
SUPRIYANTO, Supriyanto; SUSANTO, Melinda Laisya. Analisis Pengaruh Faktor Karakteristik Audit, Karakteristik Perusahaan, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pergantian Auditor Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1149-1161, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4537>. Date accessed: 30 july 2021.