Menganalisis Pengaruh Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Hendi Hendi Universitas Internasional Batam
  • Novianti Novianti Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan tata kelola perusahaan terhadap perusahaan yang melakukan penghindaran pajak dengan menggunakan dua proksi yaitu BTD dan ETR.Penerapan tata kelola perusahaan diukur dengan kompensasi eksekutif, karakteristik eksekutif, kualitas audit, komite audit, kepemilikan institusional, dan proporsi komisaris independen.Penelitian ini memilih 154 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019 sesuai purposive sampling dan diuji dengan metode regresi panel. Hasil uji menunjukkan bahwa pada proksi BTD, variabel kualitas audit dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Sedangkan dengan proksi ETR, hanya variabel karakteristik eksekutif berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
HENDI, Hendi; NOVIANTI, Novianti. Menganalisis Pengaruh Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1062-1078, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4536>. Date accessed: 03 aug. 2021.