Analisis Financial Leverage Dengan Trading Activity Sebagai Variabel Moderasi dalam Mempengaruhi Kesulitan Keuangan pada Perusahaan Non-Manufaktur Yang Terdaftar Dalam BEI

  • Hendi Hendi Universitas Internasional Batam
  • Elia Andiana Universitas Internasional Batam

Abstract

Perusahaan penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mengakibatkan perusahaan sulit untuk memenuhi kewajiban obligasi yang terhutang. Dalam mengukur tingkat gagal bayar perusahaan, penelitian berusaha menguji pengaruh finacial leverage dengan trading activity sebagai variabel moderasi, profitabilitas, dan solvency terhadap kesulitan keuangan.Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu variabel financial leverage dengan pengukuran debt ratio, likuiditas dengan pengukuran current ratio, profitabilitas dengan pengukuran return on asset dan variabel solvency dengan pengukuran equity to total asset memiliki hasil signifikan positif. Sedangkan untuk variabel moderasi trading activity, rasio lancar, total asset turnover, memiliki hasil signifikan negatif.

Published
Apr 5, 2021
How to Cite
HENDI, Hendi; ANDIANA, Elia. Analisis Financial Leverage Dengan Trading Activity Sebagai Variabel Moderasi dalam Mempengaruhi Kesulitan Keuangan pada Perusahaan Non-Manufaktur Yang Terdaftar Dalam BEI. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1052-1061, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4535>. Date accessed: 03 aug. 2021.