Analisis Pengaruh Karakteristik Audit, Karakteristik Perusahaan, dan Audit Tenure terhadap Pergantian KAP pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Supriyanto Supriyanto Universitas Internasional Batam
  • Leviana Leviana Universitas Internasional Batam

Abstract

Sikap istimewa yang dimiliki seorang akuntan publik adalah independensi dalam penampilan dan pemikiran. Namun, sikap independensi akan diragukan jika terikat hubungan jangka panjang dengan klien yang mengakibatkan kurangnya kredibilitas suatu laporan keuangan yang diaudit. Oleh karena itu, perusahaan akan mengganti KAP (Kantor Akuntan Publik). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik audit, karakteristik perusahaan, dan audit tenure pada pergantian KAP oleh perusahaan publik di Indonesia. Penelitian dilakukan pada 475 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berturut-turut tahun 2015-2019. Penelitian ini berhasil menunjukkan variabel kualitas audit dan audit tenure berpengaruh signifikan negatif terhadap pergantian KAP, yang menunjukkan bahwa saat perusahaan telah menggunakan KAP yang bekerjasama dengan big four atau saat perusahaan memiliki hubungan ikatan yang lama dengan KAP maka akan melemahkan keputusan untuk mengganti KAP. Sedangkan untuk variabel pergantian manajemen dan kesulitan keuangan menunjukkan pengaruh signifikan positif terhadap pergantian KAP, yang menunjukkan bahwa saat perusahaan melakukan perubahan pada susunan manajemen atau sedang mengalami kesulitan keuangan maka akan memutuskan untuk mengganti KAP.

Published
Apr 1, 2021
How to Cite
SUPRIYANTO, Supriyanto; LEVIANA, Leviana. Analisis Pengaruh Karakteristik Audit, Karakteristik Perusahaan, dan Audit Tenure terhadap Pergantian KAP pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1037-1051, apr. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4534>. Date accessed: 30 july 2021.