Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Desain Grafis dengan Menggunakan Augmented Reality

  • Tony Wibowo Universitas Internasional Batam
  • Sophia Loren Universitas Internasional Batam

Abstract

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang paling populer adalah penggunaan multimedia untuk menyampaikan informasi dengan media yang menarik. Untuk melakukan hal tersebut, diperlukan ilmu-ilmu dasar dalam menggunakan perangkat lunak pengolah grafis agar seseorang mampu menggabungkan komponen-komponen seperti teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang memudahkan pelajar dalam mempelajari ilmu-ilmu dasar dari perangkat lunak pengolah grafis dengan pendekatan teknologi AR. Penelitian ini dirancang dan dikembangkan menggunakan metode MDLC, dengan menggunakan aplikasi Unity dan SDK Vuforia. Luaran dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi berbasis Android yang didistribusikan ke Google Play Store agar dapat diakses dengan lebih mudah.

Published
Mar 30, 2021
How to Cite
WIBOWO, Tony; LOREN, Sophia. Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Desain Grafis dengan Menggunakan Augmented Reality. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 728-736, mar. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4498>. Date accessed: 03 aug. 2021.