Analisis Putusan Pengadilan Negeri Kasus Tindak Pidana Korupsi Oleh Kepolisian Republik Indonesia (Studi Kasus Putusan Nomor 01/Pid.Sus.TPK/2017/PN.Mdn.)

  • Rizkika Maharani Loventa Universitas Internasional Batam

Abstract

Korupsi merupakan sebuah extraordinary crime yang sudah lama menggerogoti Indonesia dalam seluruh lapisan, baik dalam pemerintahan maupun masyarakat sendiri. Tindak pidana korupsi masih mengakar dan banyak ditemukan di kalangan masyarakat Indonesia, baik dari tingkat pemerintahan, aparat penegak hukum, pelaku bisnis, hingga masyarakat. Salah satunya adalah kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Longser Sihombing, seorang polisi yang ditugaskan di Kota Medan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa efektivitas penegakan hukum dalam obyek penelitian dengan Teori Penegakan Hukum oleh Lawrence M Friedman sebagai tolak ukurnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada ketidakefektifan penegakan hukum tidak pidana korupsi di Indonesia, khususnya dalam kasus Longser Sihombing

Published
Mar 26, 2021
How to Cite
LOVENTA, Rizkika Maharani. Analisis Putusan Pengadilan Negeri Kasus Tindak Pidana Korupsi Oleh Kepolisian Republik Indonesia (Studi Kasus Putusan Nomor 01/Pid.Sus.TPK/2017/PN.Mdn.). CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 386-396, mar. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4464>. Date accessed: 30 july 2021.