Proses Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa Tunanetra di Kelas 5A SLB A Pembina Tingkat Nasional Selama Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Pembelajaran Matematika, Tunanetra, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring siswa tunanetra di kelas 5A SLB A Pembina Tingkat Nasional selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5A SLB SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta pada bulan Januari 2021. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa di kelas tersebut. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan hasil belajar matematika sebesar 0,8% sebelum dan sesudah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, guru telah melaksanakan adaptasi dalam materi, media/teknologi bantu serta pada instrumen penilaian proses pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring siswa tunanetra di kelas 5A SLB A Pembina Tingkat Nasional selama masa pandemi Covid-19