Penggunaan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu

  • Dewi Septiawati Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Nunuk Suryani Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Herry Widyastono Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Abstract

Mengalami gangguan pendengaran dapat menghambat keterampilan bahasa, salah satunya kemampuan kosakata. Terhambatnya perkembangan bicara dan bahasa anak tunarungu akan mengalami keterlambatan dan kesulitan dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penggunaan game edukasi terhadap kemampuan kosakata anak tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan sumber-sumber literatur yang sesuai pada tesis, jurnal nasional dan jurnal internasional. Hasil analisis menyimpulkan bahwa penggunaan media game edukasi mampu melatih kemampuan penguasaan kosakata pada anak tunarungu. Penggunaan media game edukasi memiliki manfaat dalam proses pembelajaran pada anak tunarungu. Penggunaan game edukasi mempermudah dalam mengajarkan dan mengenalkan kosakata pada anak tunarungu

Published
Mar 24, 2021
How to Cite
SEPTIAWATI, Dewi; SURYANI, Nunuk; WIDYASTONO, Herry. Penggunaan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 246-257, mar. 2021. ISSN 2776-5644. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4443>. Date accessed: 30 july 2021.