Robot Pengambil Sampah pada Permukaan Air (Water Trash Bin)

Authors

  • Hutomo Manggala Putra Harahap Teknik Elektro, Universitas Internasional Batam
  • Andik Yulianto Teknik Elektro, Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/telcomatics.v5i1.849

Keywords:

Robot, Pengambil sampah, Arduino, raspberry pi

Abstract

Kota Batam ialah sebuah pulau yang dikelilingi oleh lautan, dan banyak kapal bermuatan barang dan transportasi laut yang melewatinya sehingga menjadikan kota ini sebagai kota perdagangan dan perindustrian internasional dimana letaknya sangat strategis yaitu berdekatan dengan negara singapura.

Permasalahan yang dialami di Pulau Batam ini ialah sampah yang dibuang dan terseret ombak sehingga banyak sampah yang tercecer maupun mengambang di area pesisir Pulau Batam. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada terumbu karang dan biota laut sehingga menjadi polusi lautan karena sampah yang rata – rata dibuang ialah plastik yang sulit untuk terekstrak.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dirancang water trash bin yang mampu mengambil sampah di permukaan air dengan cara bergerak mendekati sampah lalu menarik sampah tersebut ke tempat sampah.

Dari hasil pengujian lapangan yang dilakukan pada alat ini, didapatlah hasil bahwa water trash bin dapat mengapung dan dapat bergerak ketitik – titik sampah dengan manual kontrol. Untuk hasil pengambilan sampah, water trash bin sudah bisa mengambil sampah yang tepat berada diatas conveyor akan tetapi terdapat kekurangan ketika sampah berada didepan, conveyor terus mendorong sampah dikarenakan terasering mempunyai permukaan yang rata (tidak berongga seperti jaring).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-07-28

Issue

Section

Articles