Efektivitas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik terhadap Propaganda di Indonesia

Authors

  • Wilton Goh PT Gunung Mas Valasindo Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37253/jlpt.v4i1.384

Keywords:

propaganda, video, electronic transaction, law

Abstract

Abstract

In the case of Buni Yani propaganda that spread the video of Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok's speech which was carried out in a campaign with explanation of Surat Al Maidah 51. Buni Yani did engineering on the video and uploaded it to his Facebook page by adding caption. Buni Yani's actions result in hatred or hostility of Muslims against Basuki Tjahaja Purnama who is ethnic Chinese and non-Muslim or Christian faithful. The purpose of this study is analyze and describe Buni Yani propaganda action, effectiveness Law Number 11 of 2008 Concerning Electronic Information And Transactions of handling propaganda matters in Indonesia especially in Basuki Tjahaja Purnama and Buni Yani case and another effective factor to deal with the issue of propaganda in Indonesia. This research is normative law research (juridical). The method that used in this research is secondary data collection with books, journals, research result, internet search and important document of institution in this research. This study using law effectiveness as main analysis in this research. Result of this study, outline of law factor and outline of law enforcement factor has been effectively respond Basuki Tjahaja Purnama and Buni Yani case while tool factor or factor that support enforcement, society factor, and culture factor that less effective and development needed in order to resolve propaganda electronic information effectively and efficiently.

Abstrak

Pada kasus propaganda Buni Yani yang menyebarkan video pidato Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dilakukan dalam menjalani kampanye dengan penjelasan tentang Surat Al Maidah 51. Buni Yani melakukan rekayasa terhadap video tersebut dan diunggahkan ke laman Facebook-nya dengan menambahkan caption. Perbuatan Buni Yani tersebut mengakibatkan kebencian atau permusuhan umat Islam terhadap Basuki Tjahaja Purnama yang beretnis Tionghoa dan beragama non Islam atau beragama Kristen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguraikan perbuatan propaganda Buni Yani, efektivitas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dalam menangani persoalan propaganda di Indonesia khusus dalam kasus Basuki Tjahaja Purnama dan Buni Yani dan faktor lain yang efektif untuk menangani persoalan propaganda di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Normatif (Yuridis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data sekunder dengan mengumpulkan buku, jurnal, hasil penelitian, penelusuran internet dan dokumentasi berkas-berkasi penting dari institusi yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teori kefektivitas hukum sebagai dasar analisis di dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, secara garis besar faktor hukum dan faktor penegak hukum telah efektif dalam menanggapi kasus Basuki Tjahaja Purnama dan Buni Yani sedangkan faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakkan hukum, faktor masyarakat, dan faktor kebudayaan masih kurang efektif dan perlu dilakukan pengembangan agar dapat mengatasi informasi elektronik yang bersifat propaganda secara efektif dan efesien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-28

Issue

Section

Articles