Substitusi White Wine Dalam Pengolahan Citrus Sauce

Authors

  • Swastono Putro Pirastyo Akademi Pariwisata Nasional Indonesia Bandung
  • Roby Sahid Akademi Pariwisata Nasional Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i3.1157

Keywords:

Saus, White Wine, Tidak Halal, Bahan Baku Alternatif

Abstract

Saus adalah salah satu bagian terpenting dalam penyajian makanan. Sebagai dressing, saus memiliki peran yang besar untuk dapat membuat makanan menjadi lebih menarik. Dalam hal rasa, saus juga memiliki peran besar untuk meningkatkan citarasa dan tekstur dari hidangan. Seni dalam mengolah saus berkembang sangat luas, melingkupi teknik pengolahan, proses pemasakan dan juga bahan baku. Dari segi bahan baku, muncul sedikit permasalahan, saat berbicara mengenai aspek halal, sebab sebagian besar saus masakan Eropa mengandung bahan baku tidak halal. Lard, pork, dan berbagai jenis minuman beralkohol dapat dikategorikan tidak halal. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan bahan alternatif pengganti white wine dalam citrus sauce. Bahan baku yang terpilih untuk diuji adalah Sprite, Cuka Apel, dan Château de Reignac. Penelitian ini menggunakan uji organoleptik untuk menguji produk hasil percobaan. Sebagai hasilnya, kombinasi terbaik yang paling mendekati saus asli adalah kombinasi dari Sprite dan Cuka Appel. Dengan menggunakan kombinasi tersebut, juru masak dapat menciptakan citrus saus yang halal bagi konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyana, C., & Devi, G. (2015). Buku Pintar Masak Hidangan Kontinental (1st ed.; I. Hardiman, ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gisslen, W. (2011). Professional Cooking, Seventh Edition (7th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Labensky, S. R., Hause, A. M., & Martel, P. A. (2015). On Cooking a Textbook of Culinary Fundamentals (5th ed.; V. R. Anthony & W. R. Lawrensen, eds.). New Jersey: Pearson Education.
Minantyo, H. (2011). Dasar-dasar Pengolahan Makanan (Food Product Fundamenta). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian (5th ed.; R. Agustine & R. F. Sikumbank, eds.). Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Program Studi Teknologi Pangan. (2013). Pengujian Organoleptik. Semarang.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyudin, U., Fathurrahman, & Fuziani, F. (2008). Fikih untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (1st ed.; Mahmud, A. Dimyati, & M. Indrianti, eds.). Bandung: Grafindo Media.
Wibowo. (2018). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima (5th ed.). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Published

2020-08-27